PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS IX
OLEH :
Nama : .................................
NIP : .................................
SMP .............................................
Jl. ................................................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial / IPS
Kelas/Jilid : IX / 3A
Semester : 1 (satu)
Tahun Pelajaran : 2008-2009
Semester | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Alokasi Waktu | Keterangan |
1 1 | 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | 1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju. 1.2. Mendeskripsikan Perang Dunia II serta (termasuk pendu-dukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia. | - Ciri-ciri negara maju dan berkembang. - Persebaran negara-negara maju dan berkembang di dunia. - Negara-negara yang digolongkan negara maju dan berkembang. - Latar belakang pihak-pihak yang berperang dalam PD II. - PD II di Asia-Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia. - Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang. - Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia melalui nilai, gerakan bawah tanah, perjuangan bersenjata. - Proklamasi Kemerdekaan RI. - Pembentukan Pemerintah RI. | 8 JP 10 JP | |
2. Memahami usaha mempertahan-kan kemerdekaan. | 2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 2.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan. | - Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda. - Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia-Belanda membantu penyelesian konflik. - Pengaruh konflik Indonesia dengan Belanda. - Pengaruh konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan NKRI. - Aktivitas diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam mempertahankan kemerdekaan RI. - Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia. - Proses kembalinya RI sebagai negara kesatuan. - Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilu 1955 di tingkat pusat dan daerah. - Dekrit Preseiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya. - Dampak persoalan hubungan pusat dan daerah, persaingan ideologis dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap pergolakan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an. | | | |
3. Memahami perubahan sosial budaya. | Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat. Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyingkapi perubahan. | Bentuk-bentuk perubahan sosial-budaya : perubahan secara cepat dan lambat. - Faktor-faktor yang mendorong perubahan. - Faktor-faktor penghambat perubahan. - Faktor-faktor penyebab perubahan sosial. - Faktor internal dan eksternal. - Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan. - Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan. | | | |
4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional. | Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan.. Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. | - Sejarah terjadinya uang dan pengertian uang. - Syarat-syarat suatu benda dapat dikatakan uang. - Fungsi uang (fungsi asli dan turunan). - Jenis-jenis uang (uang kartal dan giral). - Nilai mata uang (interinsik, nominal, eksternal, internal). - Mata uang asing, kurs mata uang (jual beli valuta asing). - Pengertian bank dan sejarah terbentuknya bank. - Asas, prisnsip, fungsi, dan tujuan perbankan di Indonesia. - Jenias-jenis bank dan tugas pokok. - Praktik menabung di bank. - Pengertian lembaga keuangan bukan bank. - Fungsi dan manfaat dan peranan lembaga keuangan bukan bank. - Contoh-contoh lembaga keuangan bukan bank. - Produk-produk asuransi atau penggadaian. - Pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional. - Manfaat perdagangan internasional. - Hambatan perdagangan internasional. - Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional. - Komoditas ekspor-impor Indonesia. - Pengertian fungsi dan jenis-jenis devisa. - Sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa. - Dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia. | | |
Jakarta, .........................2008
Mengetahui
Kepala SMP Negeri ...................... Guru Mata Pelajaran
................................. ............................
NIP : ................... NIP : .................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Jilid : IX / 3B
Semester : 2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2008-2009
2. | 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi. | Menginterprestasikan peta tentang bentuk dan pola muka bumi. Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara. Mendeskripsikan permbagian permukaan bumi atas benua dan samudera. | - Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi. - Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut. - Pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya. - Unsur-unsur fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara. - Letak geografis kawasan Asia Tenggara. - Bentang alam kawasan Asia Tenggara. - Iklim kawasan Asia Tenggara. - SDA Asia Tenggara. - SDM kawasan Asia Tenggara. - Penduduk di kawasan Asia Tenggara. - Kegiatan ekonomi penduduk di Asia Tenggara - Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. - Benua dan samudera. - Proses pembentukan benua. - Posisi benua dan samudera. - Karakteristik bentang alam dan penduduk di masing-masing benua. - Contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua. | 4 JP 10 JP 6 JP | |
6. Memahami usaha mempertahan-kan Republik Indonesia. | Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat. Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya. | - Latar belakang pengembalian Irian Barat. - Perjuangan dengan pendekatan diplomatis. - Perjuangan dengan konfrontasi, politik, dan ekonomi. - TRIKORA. - Persetujuan New York. - Arti penting PEPERA. - Dampak persoalan hubungan pusat dan daerah. - Persaingan (ideologi, dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an). - Persitiwa PKI di Madiun dan cara yang dilakukan pemerintah dan penanggulangan konflik internal. - Peristiwa DI/TII dan cara penanggulangannya. - Keadaan politik, ekonomi, sosial, budaya, sebelum terjadinya G30S/PKI. - Persitiwa G30S/PKI dan cara penanggulangannya. | 6 JP 6 JP | | |
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional. | Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi. Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional. Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global. Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi. Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia. | - Peristiwa politik penting pada masa Orba. - Data statistik ekonomi pada masa Orba. - Berakhirnya Orba, krisis ekonomi, dan gerakan reformasi. - Konferensi Asia-Afrika dan peran Indonesia. - Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia. - Perkembangan keanggotaan dan aktivitas PBB dan peran Indonesia. - Gerakan Non Blok dan peran Indonesia. - Ciri-ciri globalisasi. - Dampak globalisasi terhadap masyarakat. - Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global. - Pengertian kerjasama ekonomi antarnegara. - Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara. - Tujuan kerjasama ekonomi antar negara. - Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi Internasional. - Bentuk-bentuk kerjasama antar negara. - Badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional ataupun multilateral yang penting bagi Indonesia. - Badan-badan kerjasama bersifat regional maupun multilateral - Dampak kerjasama antar negara terhadap perekonomian Indonesia | 4 JP 6 JP 4 JP 6 JP | | |
2 JP | | ||||
Ulangan Harian | | 8 JP | | ||
Ulangan Umum | | 8 JP | |
Jakarta, .........................2008
Mengetahui
Kepala SMP Negeri ...................... Guru Mata Pelajaran
................................. ............................
NIP : ................... NIP : .................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar