PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS IX
OLEH :
Nama : .................................
NIP : .................................
SMP .............................................
Jl. ................................................................
PROGRAM semester
Sekolah : SMP Negeri .......................
Kelas/Jilid : IX/3A
Mata Pelajaran : IPS
Semester : I (satu)
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | Alokasi Waktu | BULAN | Ket | |||||||||||||||||||||
Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember | ||||||||||||||||||||
3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju. | · Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang. · Persebaran negara-negara maju dan negara-negara berkembang di dunia. · Negara-negara yang digolongkan sebagai negara maju dan berkembang. | 6 JP | v | v | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia. | · Latar belakang ,fihak-fihak yang berperang · Dalam Perang Dunia II · Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia · Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang · Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan bersenjata | 8 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. | · Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia · Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik · Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia · Aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan · Perjuangan rakyat dan pemerintah diberbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia · Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia | 8 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2.2 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca-pengakuan kedaulatan. | · Proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan · Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan derah · Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya · Dampak persoalan hubungan pusat –daerah persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial –politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960 an | 6 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat. 3.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan. | · Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya. · Perubahan secara cepat (revolusi). · Perubahan secara lambat (evolusi). · Faktor-faktor pendorong perubahan sosial masyarakat. · Faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya. · Faktor-faktor penyebab perubahan sosial. · Faktor –faktor internal. · Faktor-faktor eksternal · Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan · Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya. | 6 JP 4 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |||
4.1 Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan. | · Sejarah terjadinya uang dan pengertian uang · Ssyarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang · Fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan) · Jenis-jenis uang (uang kartal dan uang giral) · Nilai mata uang (nilai intrinsik, nilai nominal, · nilai internal dan nilai eksternal ) · Mata uang asing · Kurs mata uang · Praktek jual/beli valuta asing · Pengertian bank dan sejarah terjadinya bank · Azas, prinsip, fungsi dan tujuan perbankan di Indonesia · Jenis-jenis bank dan tugas pokok . · Produk-produk bank · Praktek menabung di bank · Pengertian lembaga keuangan bukan bank · Fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank · Contoh lembaga keuangan bukan bank · Produk-produk asuransi atau pegadaian | 10 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4.2 Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. | · Pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional. · Manfaat perdagangan internasional · Hambatan perdagangan internasional. · Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional · Komoditas ekspor/impor Indonesia. · Pengertian dan fungsi dan jenis-jenis devisa. · Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa. · Dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia. | 8 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Ulangan harian | 4JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Ulangan tengah semester | 4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Ulangan Umum. | 4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Jakarta, ....................................2008
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri ...................
............................... ..............................
NIP. .................... NIP. .....................
PROGRAM semester
Sekolah : SMP Negeri .......................
Kelas/Jilid : IX/3B
Mata Pelajaran : IPS
Semester : 2 (dua)
KOMPETENSI DASAR | Materi Pokok | Alokasi Waktu | BULAN | ||||||||||||||||||||||||||
Januari | Februari | Maret | April | Mei | Juni | ||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||||
5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi. | Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi. Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut. Pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alamnya. | 2 Jp | | | Ö | | | | | | | | | | | | Ujian Akhir Nasional | Ujian Akhir Nasional | Ujian Akhir Sekolah | | | | | | | | |||
| √ | Ö | Ö | | | | | | | | | | | | | | | ||||||||||||
| | | | | | ||||||||||||||||||||||||
| | | | | | | | | | | | ||||||||||||||||||
| | | | | | ||||||||||||||||||||||||
| | | | | | | | | | | | ||||||||||||||||||
| | | | | | ||||||||||||||||||||||||
| | | √ | √ | √ | √ | | | | | | ||||||||||||||||||
| | | | | | ||||||||||||||||||||||||
| | | | | | | | | | | | ||||||||||||||||||
5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara. | Unsur-unsur fisik dan kawasan Asia Tenggara, letak geografis, kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara | 5 Jp | |||||||||||||||||||||||||||
| | | | | | ||||||||||||||||||||||||
| | | | | | | | | | | | ||||||||||||||||||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |||||||||
| | | | | | | | √ | | | | | | | | | | ||||||||||||
| | | | | | | | | √ | | | | | | | | | ||||||||||||
5.3 Mendeskripsikan keadaan bumi atas benua dan samudera | Karakteristik benua meliputi bentang alam, di masing-masing benua. a. Konferensi Asia-Afrika & peran Indonesia b. Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia c. Aktivitas PBB dan peran Indonesia, dan Gerakan NonBlok | | |||||||||||||||||||||||||||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | ||||||||||||
| | | * | | | * | | | * | | | | | | R | | | ||||||||||||
| | | | | | | | | | √ | √ | | | | | C | | ||||||||||||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | ||||||||||||
6.1 Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat. | · Menguraikan latar belakang pengembalian Irian Barat · Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat · Mengidentifikasi kunjungan dengan konfrontasi politik & ekonomi dalam upaya mengembalikan Irian Barat · Mengidentifikasikan pelaksanan Tri Komando Rakyat (Trikora) untuk menuntut Irian Barat · Mendeskripsikan persetujuan New York & pengaruhnya pada penyelesian Irian Barat · Menjelaskan arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) | | |||||||||||||||||||||||||||
6.2 Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S PKI dan konflik-konflik internal lainnya. | · Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat/daerah persaingan ideologi dan pergolakan nasional politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional & daerah sampai awal tahun 1960-an · Mendeskripsikan terjadinya peristiwa Madiun / PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internasionalnya · Mengidentifikasikan keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya sebelum peristiwa G 30S/PKI · Mendeskripsikan terjadinya peristiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya · Menjelaskan dampak setelah G 30S/PKI di bidang Sosial-Ekonomi | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |||
7.1. Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi. | · Menyusun kronologi dan mendeskripsikan peristiwa politik penting pada Orde Baru · Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru · Mendeskripsikan berakhirnya Orde Baru dan berakhirnya reformasi | | |||||||||||||||||||||||||||
7.2. Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama Internasional. | · Menguraikan secara kronologis Konferensi Asia-Afrika dan mendeskripsikan peran Indonesia · Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia · Mendeskripsikan perkembagan keanggotaan dan aktivitas PBB dan peran Indonesia · Mendeskripsikan perkembangan gerakan Non Blok dan peran Indonesia | | |||||||||||||||||||||||||||
7.3. Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global. | · Mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi · Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadapat masyarakat · Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global | 2 | |||||||||||||||||||||||||||
7.4. Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi. | · Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antar negara · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara · Mengidentifikasikan kembali kerjasama ekonomi antar negara · Mengidentifikasikan badan-badan kerjasama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia | 2 | |||||||||||||||||||||||||||
7.5. Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia. | · Mengidentifikasi badan-badan kerjasama ekonomi regional dan multilateral · Mendeskripsikan dampak kerjasama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia | | |||||||||||||||||||||||||||
Jakarta, ....................................2008
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri ...................
............................... ..............................
NIP. .................... NIP. .....................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar